Cara Presentasi Ala Steve Jobs


hai semua nama gue Farhan dan kali ini gue bakalan membahas salah satu idola gue, Steve Jobs...

tau produk Apple? yup, produk Apple merupakan salah satu produk yang MOST WANTED diseluruh DUNIA. siapa sih yang gak mau dengan produk Apple? disamping canggih dengan segala fungsi yang TAK TERDUGA, produk produk hasil perusahaan Apple itu benar benar ELEGAN. walau pun begitu, harga dari produk produk Apple sungguhlah MELANGIT. gue sendiri sebenarnya memikir TUJUH kali kalau mau berniat produk Apple. tapi Alhamdulillah, rezeki itu Allah sudah atur. 

produk hasil perusahaan Apple benar benar LAKU KERAS diseluruh belahan dunia. sampai pada tahun 2011, iPod telah terjual sebanyak 300 JUTA produk, iPad terjual 58 JUTA produk, dan iPhone terjual 37 JUTA produk. 

padahal yah, kalau gue mau berbagi rahasia rahasia gelap, banyak diluar sana yang produk yang lebih canggih dan juga lebih murah dari produk Apple. tapi kenapa, kebanyakan penduduk dunia ini mau menghabis BANYAK uang untuk produk Apple? jawabannya adalah presentasi dari Steve Jobs.


ya, Steve mempresentasikan produk produk Apple dengan cara yang SIMPLE, penuh SENSASI, dan juga sangat DALAM. slideshow yang sederhana, ceritanya yang sangat lucu, dan kata katanya yang benar benar menginspirasi penonton membuat produk produk Apple laku keras walau pun harganya hampir selangit. dia juga tidak sembarangan, banyak sekali ahli ahli PR yang mengagumi gaya presentasinya yang memukau.

nah, pada kesempatan kali ini, gue mau membagikan tips tips presentasi yang bisa menghasilkan efek yang memukau seperti Steve. yang harus lo ketahui adalah ada dua tahap dalam proses yang panjang berikut, pertama adalah tahap PERSIAPAN. kedua adalah tahap PRESENTASI.

TAHAP PERSIAPAN

GUNAKAN SOFTWARE YANG BAGUS.biasanya, ciri ciri presentasi yang membosankan menggunakan produk PowerPoint 2003. bukannya maksud menyindir, tapi beneran. kenapa? oh please... sekarang udah tahun 2012. PowerPoint 2003 memang bagus tapi itu adalah untuk tahun 2003. Microsoft Office sendiri sudah membuat produk Office 2010 dengan berbagai pengalaman baru dan kemudahan dalam membuat slide. makadari itu, ada dua software yang bisa dibilang unggulan dalam hal presentasi. Microsoft Office 2010 dan Keynote.

PERSIAPKAN TEMAHEADLINE dan MENU.TEMA adalah apa yang akan lo bahas. misalkan, hari ini lo bakalan presentasi teori psikologi perkembangan dari Ericson, maka HEADLINEnya adalah "hari ini, kelompok kami akan membahas teori psikologi perkembangan dari Ericson." nah, bagaikan direstoran, pelayan akan memberikan menu untuk kita pesan. sama juga dengan presentasi, sehabis headline, kita sajikan MENU kepada penonton. menu disini adalah apa saja yang kita bahas dalam tema kali ini. kalau dari contoh yang tadi, maka jadinya "nah... untuk definisi dan teori perkembangan, akan dibahas oleh saya. sejarah penelitian, oleh rekan saya. dan terakhir, kesimpulan akan disampaikan oleh rekan saya yang lain."  tujuan dari TEMA, HEADLINE dan MENU adalah agar orang lebih mudah mengikuti dan memahami presentasi lo. sehingga tidak ada lagi penonton yang berkata "ini orang ngomong apa sih?"


PERBANYAKLAH GAMBAR, daripada TEKS. sekali lagi, prinsip dasar dari presentasi adalah MENGINSPIRASI penonton. presentasi bukanlah membacakan apa yang kita tulis dimakalah kita. apalagi kalau lo menulis apa yang akan lo bacakan didalam slide. kecuali kalau lo memang berada dalam kontes membaca. satu gambar menyimpan banyak sekali MAKNA. sebagai contoh, daripada menuliskan dengan detail segala macam perkembangan anak dislideshow (yang hasilnya malah susah dibaca karena terlalu banyak sehingga terlalu kecil), lebih baik cukup pasang SATU gambar anak kecil dislideshow dan kita ceritakan sendiri dengan detail perkembangan anak. penonton akan terus memperhatikan lo dan juga terinspirasi dengan gambar lo.


JANGAN GUNAKAN BULLET PADA SLIDE. bullet itu sangat efektif apabila digunakan dalam bentuk makalah. tapi kalau lo mencoba menggunakan bullet dalam slideshow, penonton akan 'mati' kebosanan akibat bullet yang lo tembakan. format slide seperti diatas ini sudahlah membosankan. bukankan PowerPoint 2007 menyediakan banyak format lain? kalau pun memang harus menuliskan teks di slideshow, cukuplah kalimat intinya saja. misalkan "rose is red, violet is blue...". CUKUP. efek dari setengah kalimat diatas membuat orang penasaran dan terus memperhatikan diri lo dan apa yang akan lo jelaskan dengan kalimat tersebut.

PAKAILAH PAKAIAN SATU TINGKAT DIATAS PENONTON. well, kebanyakan mahasiswa menggunakan kaos dan celana jeans untuk pria dan jaket dan jeans untuk wanita. nah, apabila kalau hari ini adalah kesempatan lo untuk maju ke depan kelas dan presentasi, pakailah pakaian satu tingkat diatas mereka semua. apabila mereka menggunakan kaos atau jaket, coba pakailah kemeja dan jeans. apabila kebanyakan mereka menggunakan kemeja dan celana bahan, coba pakailah kemeja dilapisi blazer dan celana bahan. pakaian yang satu tingkat diatas penonton akan menimbulkan banyak makna. lo akan terlihat lebih PROFESIONAL, terlihat lebih SERIUS dalam menjalani presentasi, MENGHORMATI diri lo, mahasiswa lain beserta dosen, dan juga meningkatkan KEPERCAYAAN diri. coba bayangkan kalau yang presentasi menggunakan baju hitam dengan gambar band metal, celana jeans robet, dan rambut awut awutan... oh my...

BUAT TEKS untuk BERBICARAdan LATIHAN. ada yang pernah bilang "kalau mau presentasi, omongin aja apa yang lo ingin omongin, gak usah pake teks.."atau "jadi diri lo aja...". well, dilain hal "bukan berarti kita gak boleh latihan dengan teks kan?" nah... latihan menggunakan teks berbicara itu bisa mengurangi grogi dan membuat presentasi menjadi lancar. karena terlihat jelas sekali perbedaan antara orang yang berlatih menggunakan teks dengan orang yang berlatih menggunakan bayang bayang. orang yang berlatih menggunakan teks itu lebih sedikit mengucapkan kata kata seperti"ummm... anu... hmmm.. itu... aduh apa sih itu..." daripada orang berlatih menggunakan bayang bayang saja. 

TAHAP PRESENTASI



TENANGKAN DIRI. tiga menit sebelum presentasi, atur nafas lo dengan cara tarik nafas yang dalam lalu hembuskan perlahan melalui mulut. lalu turunkan suhu tubuh dengan minum air dingin dan bayangkan tempat tempat yang dingin agar tubuh menjadi tenang. renggangkan tangan, lengan, pinggang dan juga leher agar tidak terlalu kaku ketika didepan kelas. setelah itu, posisikan tubuh tegak dan penuh karismatik.

PANCARKAN ENERGI YANG MENYENANGKAN.nah, ini penting. ketika kita gugup, energi yang kita pancarkan adalah tegang. misalkan ketika kita maju kita berpikir "waduh, mati gue... musti ngomong didepan kelas. bagaimana ini?" energi hasil pikiran kita tersebut akan ditangkap penonton, sehingga penonton rasanya mengeluarkan mata mata yang tajam ketika lo presentasi. coba ganti pikiran diatas dengan "akhirnya gue maju didepan kelas! yes, ini kesempatan yang gue tunggu tunggu...". ketika lo maju dengan pikiran seperti itu, semua orang langsung berada dalam posisi siap mendengarkan. konon, gue pernah baca, ketika kita maju kedepan dengan penuh keyakinan, justru malah penontonnya yang mulai kehilatan gugup memukaunya diri lo. 

UCAPKAN SALAM, HEADLINE, dan MENU. begitu lo berdiri tenang didepan kelas dan semua siap mendengarkan, ucapkan salam dengan lembut tetapi jelas. perkenalkan diri anda. setelah itu menu apa saja yang bakalan ditampilkan. kalau bisa, jangan terlalu cepat berbicara ketika pembukaan, justru pelan dan penuh kemesraan. ucapkan salam dan perkenalan diri dengan nada sayang, seperti lo berbicara kepada pacar "sayang kuuuu, kamu hari ini manis sekaliiiiii deh dengan senyum mu... "

BERCERITALAH. ingat, ini presentasi didepan kelas, bukan pidato kepresidenan. sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan 'gue-elo' ketika berpresentasi. tapi memang ada baiknya menggunakan 'saya-anda' kalau dosennya sedikit ketat. buat diri lo bercerita tentang materi yang sedang lo presentasikan. jangan terlalu kaku dan terpaut dengan teori seperti "sesuatu bisa dikatakan cinta kalau ada keintiman, hasrat, dan juga komitmen."justru itu, pada tahap persiapan membuat teks, gue menganjurkan lo untuk membuat cerita mengenai teori. kalau teori diatas digabungkan dengan cerita, maka hasilnya "gue dulu pernah jatuh cinta kepada seorang wanita. dia sama sama cinta sama gue. tapi... dia gak mau jadi pacar gue. aneh, padahal kita selalu dekat.. kita selalu saling memberi semangat.. tapi tetap, kita gak bisa menamakan itu cinta.. setelah gue mempelajari teori ini, gue ternyata tau.. bahwa cinta membutuhkan komitmen!." mungkin orang bakalan bilang "woooo... curcol nih yeee..."well, biarin aja. toh mereka sebenarnya menikmati presentasi dan ini yang membuat menjadi tidak bosen. tapi ingat, jangan terlalu banyak cerita juga. paling banyak itu kira kira satu teori mengandung dua cerita. bahkan lebih baik lagi kalau ternyata lo bisa berbagi cerita dengan penonton. sedikit tips tentang bercerita, sebisa mungkin angkatlah kisah nyata dari diri lo sendiri, karena dengan hal tersebut cerita lo bakalan lebih menggairahkan dan membuat presentasi menjadi menarik.

nah, itu dia tentang berbagai cara agar presentasi dikelas bisa menjadi presentasi Steve didepan panggung. tapi ini bukan berarti cara ini adalah cara yang paling benar. setiap orang punya cara sendiri dalam mempresentasikan sesuatu. siapa tau kita bisa bertukar ide tentang presentasi sehingga kita bisa membuat kerangka presentasi yang canggih. oke? ;)

terakhir, nama gue Farhan...
thank you, Steve...

G+

Previous
Next Post »

Blogger Bijak Selalu Ninggalin Jejak ! Show EmoticonHide Emoticon

Thanks banget yang udah mau sempetin comment, karena SERIUS itu sangat berarti buat gue ^-^