Mengenang Kematian John "Bonzo" Bonham

John Henry Bonham atau John Bonham lahir pada 31 May 1948 di Redditch, Worcestershire, Inggris. Ia terkenal ketika menjadi drummer dari Led Zeppelin. Bonham handal dalam hal kecepatan, kekuatan, dan ketukan yang memiliki ciri khasnya sendiri. Ia juga banyak menginspirasi musisi lainnya terutama drummer.

Dia mulai belajar bermain drum ketika berumur lima tahun dengan menggunakan peralatan dapur seperti kaleng kopi dan ember, menirukan idolanya Gene Krupa dan Buddy Rich. Ibunya memberikan Snar drum ketika berumur 10 tahun, setelah umur 15 tahun ayahnya baru membelikan satu set drum. Bonham tidak pernah belajar secara khusus, ia belajar otodidak sejak remaja dan banyak diberikan arahan oleh para drummer di Redditch.


John Bonham (sumber : google)

Pada tahun 1968 ia bergabung dengan Led Zeppelin. Dia menjadi bagian penting dalam band karena bakat dan keahliannya. Pukulan powerfullnya dalam memainkan drum memberikan efek yang dasyat seperti ia tunjukan dalam lagu Immigrant Song” (Led Zeppelin III), “When the Levee Breaks” (Led Zeppelin IV / Zoso.svg), “Kashmir” (Physical Graffiti), “The Ocean” (Houses of the Holy), and “Achilles Last Stand” (Presence) .  Selain di Led Zeppelin, Bonham juga banyak berkolaborasi dengan dengan musisi lainnya seperti  Maurice Gibb, Billy Lawrie, Tony Lommi, Harry Nilsson, Keith Moon dan Ringo Starr.


John Bonham, drummer of Led Zeppelin, with Professor Longhair (sumber : google)

Pada 24 September 1980, Bonham dijemput oleh Rex King rekannya untuk latihan di Bray Studio dalam rangka persiapan tour Led Zeppelin di Amerika. Ketika itu ia tidak mau sarapan, sebagai gantinya ia meminum 4 gelas Vodka. Setelah selesai latihan, ia meneruskan minum minuman kerasnya lebih banyak. Led Zeppelin kembali latihan hingga larut malam dan beristirahat di penginapan Old Mill House in Clewer, Windsor, Bonham tertidur di samping Benji LeFevre dan John Paul Jones pada saat itu. Keesokan harinya tepatnya pada 25 Mei 1980, ia ditemukan tewas. Seminggu setelah kematiannya, ia dinyatakan meninggal karena terlalu banyak meminum minuman keras dan muntahnya ia telan kembali sehingga menyebabkan sesak napas(Mati tercekik oleh minumannya sendiri). Bonham di kremasi pada 12  October 1980. John Bonham meninggalkan seorang istri yang bernama Pat Phillips, dan dua anak yaitu Zoe Bonham seorang penyanyi dan penulis lagu yang lahir pada Juli 1975 dan Jason Bonham seorang drummer yang menukangi UFO, Foreigner dan Bonham.
30 tahun setelah kematiannya ia mendapatkan banyak penghargaan dan salah satunya dari majalah Rolling Stone pada 2011 sebagai Drummer Terbaik Sepanjang Masa.

Foto-foto John Bonham












John Bonham di konser The Song Remains The Same.

Drum set John Bonham


sumber: google, johnbonham.co.uk, photobucket, forums.ledzeppelin.com, dll.

G+

Previous
Next Post »

Blogger Bijak Selalu Ninggalin Jejak ! Show EmoticonHide Emoticon

Thanks banget yang udah mau sempetin comment, karena SERIUS itu sangat berarti buat gue ^-^