Jenis – jenis kabel jaringan


Rancangan jaringan yang memakai tehnologi kabel untuk media fisik untuk mentransfer data dan sebagainya terus dipakai pada sebagian rancangan jaringan. Hal semacam ini karena pemakaian media kabel untuk penghubung jaringan adalah salah satu media yang cukup stabil dibanding nirkabel atau wireless. Terdapat banyak jenis-jenis kabel jaringan yang dipakai sampai saat ini, adapun jenis – jenis kabel jaringan itu adalah :
1. Koaksial (Coaxial)
Pertama ditemukan pada tahun 1880-an, kabel ini umum dipakai untuk antena pada tv. Kabel ini terbagi dalam kawat tembaga untuk inti dikelilingi isolator didalamnya, lalu dikelilingi oleh konduktor dibagian luar serta dibungkus dengan susunan isolator paling luar. Kabel ini telah tidak sering dipakai pada jaringan computer walau pemakaiannya relatif murah, pemakai lebih menentukan kabel jenis twisted pair untuk penghubung jaringan komputer.

2.Twisted Pair
Inilah kabel jaringan yang banyak digunakan pemakai computer waktu ini. Kabel ini terbagi dalam beberapa kabel melilit yang mempunyai warna spesifik. Ada dua jenis kabel twited pair, yakni Unshielded Twisted Pair (UTP) serta Shielded Twisted Pair (STP), STP mempunyai susunan alumunium foil yang bikin ia tahan pada medan magnet atau aliran listrik dengan voltase tinggi sedang UTP tidak.
Kabel jenis UTP semakin banyak dipakai dari pada STP lantaran pemasangannya yang sedikit lebih gampang serta murah. Dalam penyususan kabel Unshielded Twisted Pair dipakai dua cara, yakni Straight Cable (kabel lurus) serta Crossover Cable (kabel menyilang). Kabel Straight dipakai dalam menghubungkan workstation dengan hub, sedang Kabel Menyilang dipakai untuk menghubungkan pada komputer dengan komputer tanpa lewat hub/switch. Pemasangan kabel jenis straight membutuhkan urutan warna yang di tetapkan, yakni seperti berikut :
Urutan kabel straight
  • putih orange – orange, putih hijau – biru, putih biru – hijau, putih coklat – coklat.
  • putih orange – orange, putih hijau – biru, putih biru-hijau, putih coklat-coklat.
Urutan kabel crossover
  • putih orang – orange, putih hijau – biru, putih biru – hijau, putih coklat – coklat.
  • putih hijau – hijau, putih orange – biru, putih biru – orange, putih coklat -coklat.

3.Fiber Optic
Kabel jenis ini terbuat dari serat kaca yang memiliki kecepatan transfer lebih cepat dari kabel jenis lain serta lebih tahan pada gelombang elektromagnetik dan tanpa sinyal elektrik karena tak memakai tembaga untuk konduktor nya, fiber optic juga mempunyai bandwidth dengan kemampuan yang besar. Dengan keunggulan ini biasanya kabel fiber optic dipakai untuk bangun jaringan komputer dibawah laut.
Fiber optic juga memiliki kekurangannya yakni rata-rata kabel jenis ini bernilai mahal, atau sekitar Rp. 12. 000/mtr. untuk jenis yang paling bawah.

G+

Previous
Next Post »

Blogger Bijak Selalu Ninggalin Jejak ! Show EmoticonHide Emoticon

Thanks banget yang udah mau sempetin comment, karena SERIUS itu sangat berarti buat gue ^-^